Normal, Rambut Rontok Pasca Persalinan

Normal, Rambut Rontok Pasca Persalinan  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Rambut rontok pasca melahirkan (Postpartum Hair Loss) adalah normal dan hanya terjadi sementara saja . Setelah 6-12 bulan setelah melahirkan, rambut pun akan kembali normal.

Kerontokan terjadi akibat meningkatnya hormon estrogen yang terjadi selama kehamilan. Hormon estrogen memperpanjang fase pertumbuhan rambut, sehingga rambut terasa lebih tebal ketika hamil. Setelah persalinan, hormon kembali normal dan fase pertumbuhan rambut akan kembali lagi, ditandai dengan terjadinya kerontokan.
 
Berdasarkan penelitian ahli kesehatan rambut di Inggris, Philip Kingsley, sekitar 50% wanita hamil mengalami kerontokan rambut setelah melahirkan. “Kerontokan rambut yang terjadi pasca melahirkan, akan kembali menjadi normal. Kecuali jika ibu mengalami depresi paska melahirkan,” terang Philip.

Dan kabar baiknya, kerontokan rambut yang terjadi paska melahirkan, akan dapat pulih kembali menjadi normal. Kecuali, jika terus mengalami kerontokan, perlu dilakukan penelitian medis seperti pemeriksaan darah. Faktor lain yang bisa menyebabkan kerontokan rambut, menurut Philip adalah masalah depresi paska melahirkan.

Menurut Philip, karena penyebab kerontokan rambut adalah terjadinya perubahan hormon, maka hal ini tidak mungkin dihindari dan dihentikan. “Namun, Anda dapat mendorong pertumbuhan kembali lebih cepat dengan memijat kulit kepala setiap pagi selama 1-2 menit sebelum keramas juga menerapkan stimulant scalp mask”

Kebiasaan merawat rambut dengan baik, menurut Philip akan membantu rambut tumbuh lebih cepat dan lebih sehat. “Rajin mencuci atau keramas adalah cara yang paling sederhana  dalam merawat rambut, gunakan juga produk yang cocok sesuai jenis rambut Anda,” ujar Philip. Konsumsi makanan yang bernutrisi dan berprotein juga penting untuk dilakukan. Protein sangat baik untuk kesehatan rambut, untuk itu pastikan Anda mendapatkan asupan protein dalam jumlah yang cukup dalam asupan makanan. 

Baca juga:
4 Problem Rambut Selama Kehamilan
Tips Perawatan Rambut Sempurna
Hati-Hati Menggunakan Produk Perawatan Rambut Saat Hamil








Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Ayah pun Ikut Menyusui   32701   
>  7 Mitos Tentang Ayah   20712   
>  Melatih Memori Bayi   5266   

 
 border=
Berat Badan Berlebih
Apakah saat hamil Anda mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan?
Ya
Tidak