Cerita Ayah: Michael Tjandra

 

Anda di mata anak…
Ayah yang sigap, membantu apa saja yang dibutuhkan istri, Jenifer Natapura, dan buah hati kami, Matthew James Tjandra (3bln) . Di sela-sela kesibukan saya, saya berusaha semaksimal
mungkin untuk membantu istri saya merawat dan mengasuh Jamie.

Gaya pengasuhan Anda dalam 3 kata…
Hati-hati, teliti dan kasih sayang. Saya termasuk ayah yang agak takut berlebihan. Segala sesuatu dari luar tidak saya telan bulat-bulat. Misalnya untuk obat, saya cari tahu dulu apakah obat itu aman. Saya ingin memberikan yang terbaik untuk anak, jadi semuanya serba hati-hati dan diteliti dulu. Termasuk soal kebersihan lingkungan sekitar anak saya, apalagi Jamie mengidap alergi. Kulitnya cukup sensitif.

Saat sedang bersama Jamie…
Saya akui, dari 24 jam waktu dalam sehari, sekitar 16 jam saya habiskan di kantor. Karena itu ketika saya berada di rumah, saya berusaha menghabiskan waktu bersama Jamie, menggendongnya,  bermain dan mengobrol. Anak saya sepertinya senang sekali diajak ngobrol. Kalau malam pun, saya sempatkan bangun sekadar menggantikan popoknya atau menemani istri saya menyusui.  

Jika rindu datang…
Saya punya koleksi foto dan video Jamie di telepon pintar saya. Jadi kalau di kantor tiba-tiba kangen Jamie, saya tinggal lihat saja polah tingkahnya lewat foto atau video. Di sela-sela pekerjaan, saya sempatkan menelpon istri di rumah untuk menanyakan keadaan Jamie. Terkadang istri saya berinisiatif mengirimkan foto Jamie via ponsel.

Pengalaman terberat sebagai ayah…
Menghadapi baby blues sang istri. Saya harus menjaga perasaannya dengan berusaha memenuhi keinginannya. Kalau soal bangun di malam hari atau terganggu tidur adalah hal yang biasa. Tapi menghadapi mood swing istri ini harus penuh kesabaran. Saya harus pintar menjaga emosi saya agar tidak semakin memperkeruh suasana.

Paling membahagiakan…
Melihat segala aktivitas Jamie, saat dia mandi apalagi ketika rambutnya dicukur habis. Ada kejadian lucu saat kami menggantikan popok, tiba-tiba saja Jamie pipis dan mengenai kami berdua. Itu pengalaman baru bagi saya dan istri sebagai orangtua. Kejadian itu membuat kami berdua tertawa.

Harapan untuk Jamie…   
Paling utama adalah saya ingin Jamie menjadi anak yang takut dengan Tuhan. Dengan begitu moralnya tetap terjaga. Saya juga ingin ia menghormati dan berbakti kepada orangtuanya. Saya berharap Jamie menjadi anak cerdas, ganteng dan sehat. Saya memberikan kebebasan pada Jamie untuk memilih profesi yang akan digeluti. Saya akan mendukung apapun profesinya, tidak harus menjadi seperti saya.

Ingin dikenang sebagai ayah yang…
Dekat dengan anak. Saya tidak ingin hanya sekadar menjadi ayah, tapi juga sahabat untuk Jamie. Tempat ia berkeluh kesah, berbagi kebahagiaan dan masalahnya pada saya. Saya juga ingin suatu saat kami bisa melakukan berbagai aktivitas bersama-sama layaknya teman.

Tips untuk ayah supersibuk…
Sejauh apapun yang bisa diraih dalam karir, apapun pengorbanan yang dilakukan demi mengejar ambisi, tapi jika Anda tidak punya waktu sedikitpun untuk keluarga sepertinya akan percuma saja. Saya rasa kesuksesan seorang ayah adalah jika karirnya cemerlang dan keluarganya juga tidak terbengkalai.


 



Artikel Rekomendasi