Hipertensi Ancam Pekerja Workaholic

 

Malas bekerja tentu bukan tipe Anda. Sebaliknya, apakah Anda termasuk orang yang "terlalu" rajin bekerja alias workaholic? Hati-hati, riset mengungkap bekerja secara berlebihan, meningkatkan kemungkinan Anda mengalami stres dan hipertensi.

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk berlebihan bekerja! Sebuah riset tentang kaitan antara stres akibat pekerjaan dan lamanya seseorang bekerja dalam sehari, yang dilakukan Dr. Dean Baker, Direktur University of California dan Irvine’s Center for Occupational and Environmental Health, Amerika Serikat, membuktikan mereka yang sering bekerja lembur berisiko tinggi untuk terserang hipertensi alias tekanan darah tinggi. Dalam risetnya yang dipublikasikan di jurnal Hypertension beberapa waktu lalu, Dr. Baker meneliti lebih dari 55.000 orang pekerja.

Mereka yang bekerja lebih dari 40 jam seminggu, memiliki risiko sebesar 14% menderita hipertensi dibandingkan yang bekerja antara 11-19 jam dalam seminggu. Sedangkan mereka yang bekerja antara 41 hingga 50 jam seminggu, berisiko 17% lebih tinggi untuk terkena hipertensi.

Dr.  Baker mengatakan, mereka yang memiliki jenis pekerjaan administrasi serta pekerjaan lain yang tidak membutuhkan banyak keterampilan, berisiko lebih tinggi ketimbang yang bekerja sebagai profesional. Bagaimana dengan Anda, termasuk workaholic? Mudah-mudahan Bunda dan Ayah selalu peduli dengan kesejahteraan diri demi anak-anak Anda!

 



Artikel Rekomendasi