Terpaksa Bawa Pulang Pekerjaan

 

Pekerjaan sebaiknya Anda tuntaskan di kantor. Tapi, kalau terpaksa membawa pulang kerjaan, aturlah agar anak tak merasa diabaikan.

Sebagai ibu bekerja, performa Anda perlu tampil optimal. Berbagai pertemuan dan seminar dalam maupun luar kota membuat pekerjaan rutin Anda menumpuk. Jam kerja di kantor tak cukup untuk menyelesaikan semua tugas. Sebagai pilihan terakhir jika jam kantor tak cukup, maka menyelesaikan tugas di rumah seringkali menemui kendala karena anak kerap merecoki saat Anda bersiap-siap membuka berkas-berkas.

Bagi sebagian ibu, campur tangan anak membuat frustrasi. Anak sangat butuh perhatian, sementara pekerjaan butuh beberapa jam untuk dikerjakan di rumah. Jadi mesti bagaimana dong?

Anak ingin dekat ibu. Kepulangan ibu sangat dinanti anak. Setelah seharian bermain dengan pengasuhnya, anak sangat ingin berdekatan dengan ibunya. Meski ia belum bisa menceritakan pengalamannya, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan, berdekatan dengan ibu dapat memberinya kekuatan dan stabilitas emosi.

Apa yang dirasakan anak saat mendapati ibunya berada di rumah namun ia hanya boleh memandang dari kejauhan dan tak boleh menyentuhnya? Apa yang dirasakan anak saat Anda berkata: Main sama Mbak ya, ibu masih harus kerja lagi.

Perasaan ditolak dan tak diinginkan tumbuh subur dalam diri anak. Namun, bila Anda tak dapat menghindar untuk bekerja di rumah, strategi berikut dapat Anda gunakan:
  • Bila anak terbiasa tidur larut malam karena waktu tidur siangnya panjang, usahakan agar di siang hari ia tidak tidur. Dengan begitu pada malam hari, sebelum Anda mengerjakan pekerjaan kantor, Anda dapat menemaninya tidur lebih dahulu.
  • Bila Anda bekerja menggunakan komputer, untuk anak berusia di bawah 2 tahun, Anda dapat meletakkan anak di pangkuan Anda sementara Anda tetap dapat bekerja.
  • Untuk anak yang usianya lebih tua, biarkan ia bermain di dekat Anda sementara Anda bekerja. Berikan mainan yang membuatnya sibuk, misalnya mewarnai gambar. Sekali-sekali berikan pelukan atau ciuman agar ia tetap merasa aman.
Bila upaya tersebut berjalan lancar, pekerjaan ibu selesai, anak pun merasa ibu tetap miliknya karena tak dipisahkan oleh pekerjaan yang ibu bawa pulang.

 



Artikel Rekomendasi