Oles kedua telapak tangan dan payudara Anda dengan minyak khusus untuk memijat. Misalnya, evening primrose oil, jojoba oil, olive oil, atau minyak herbal lainnya dengan aroma yang Anda sukai. Atau, boleh juga dengan menggunakan baby oil.



Terakhir, lakukan pemijatan menyeluruh pada masing-masing payudara. Letakkan telapak tangan kanan di atas payudara kanan, di atas puting susu, dan telapak tangan kiri, di bawah puting susu. Keempat jari kanan dan kiri bertemu di bagian bawah payudara. Lalu, doronglah kedua telapak tangan secara bersamaan ke arah bawah dengan gerakan  memutar tangan. Lakukan pemijatan dengan cara dan gerakan yang sama pada payudara  kiri.

Angkat dan topanglah payudara kanan Anda dengan menggunakan tangan kanan. Lalu, pijatlah menggunakan dua atau tiga jari tangan kiri Anda dengan gerakan memutar seperti spiral, mulai dari pangkal payudara menuju puting susu.

Letakkan kelima jari tangan kiri Anda yang sedikit diregangkan.di pangkal payudara kanan, lalu pijatlah dengan gerakan memutar sambil menekan payudara mulai pangkal payudara ke daerah puting payudara. Kemudian lanjutkan gerakan ini mulai dari arah samping (dinding dada) ke puting payudara. Gerakan ini akan membantu relaksasi dan membantu refleks pengeluaran ASI.

Selanjutnya, pijat payudara kiri Anda dengan cara dan gerakan yang sama. Angkat dan topanglah payudara kiri dengan menggunakan tangan kiri. Lalu, pijatlah dengan menggunakan dua atau tiga jari tangan kanan membentuk gerakan memutar seperti spiral, mulai dari pangkal payudara menuju puting susu. Lakukan pula pijatan memutar sambil menekan payudara kiri, mulai dari pangkal payudara ke daerah puting payudara. Kemudian lanjutkan gerakan ini mulai dari arah samping (dinding dada) ke puting payudara.

Kini, pijatlah kedua payudara Anda dengan gerakan seperti mengurut. Caranya, letakkan kedua telapak tangan Anda di dada, di antara kedua payudara. Lalu, lakukan gerakan seperti mengurut, mulai dari bagian tengah payudara mengarah ke atas, sambil kedua payudara Anda diangkat dan dilepaskan bersamaan secara perlahan-lahan. Lakukan gerakan mengurut payudara ini sebanyak 30 kali.

Gunakan kedua tangan pada satu payudara seperti memerah. Letakkan ibu jari tangan kanan dan kiri pada areola di atas puting susu payudara kanan dan  letakkan jari yang lain pada areola di bawah puting susu. Tekan secara bersamaan ke arah  dada, kemudian gerakkan ibu jari dan jari tersebut di areola dengan gerakan memutar. Lakukan dengan lembut dan perlahan sebanyak 30 kali. Gerakan ini akan mengosongkan cadangan ASI di payudara tanpa merusak jaringan payudara yang sangat sensitif.

Lakukan gerakan memerah ini pada payudara kiri, dan lakukan juga sebanyak 30 kali pengulangan.

Sekarang, topanglah payudara kanan dengan tangan kiri. Lalu, lakukan pemijatan menggunakan tangan kanan dan kelima jarinya dengan gerakan mengurut secara menyebar ke semua bagian payudara. Mulai dari puting susu ke arah pangkal payudara. Ulangi gerakan mengurut ini sebanyak 30 kali.

Lakukan gerakan yang sama pada payudara kiri. Topanglah payudara kiri dengan tangan kanan. Kemudian, lakukan pemijatan menggunakan tangan kiri dan kelima jarinya dengan gerakan mengurut secara menyebar ke semua bagian payudara. Mulai dari puting susu ke arah pangkal payudara. Ulangi gerakan mengurut ini sebanyak 30 kali.

Artikel Rekomendasi