Ubun-ubun Belum Menutup

 

Ubun-ubun bayi baru lahir umumnya berdenyut. Tampak lunak dan ibu baru ngeri bila menyentuh bagian itu. Berdenyutnya ubun-ubun bayi pertanda tulang tengkoraknya belum menutup. Ini disebabkan karena otak bayi masih terus berkembang.

Tetapi ada juga bayi yang lahir dengan ubun-ubun yang tidak berdenyut. Apakah berarti tulang tengkoraknya sudah tertutup? Tentu tidak, bunda. Ada bayi yang ubun-ubunnya tampak diam, tapi sebetulnya tulang tengkoraknya belum menutup. Tulang tengkorak akan menutup di usia 12 sampai 18 bulan. 

Apakah normal bila ubun-ubun di kepala anak usia 2,5 tahun   masih berdenyut?

"Di kepala bayi terdapat dua celah, yaitu celah besar (ubun-ubun besar di depan) dan celah kecil (ubun-ubun kecil di belakang). Ubun-ubun kecil menutup begitu bayi lahir. Sedangkan ubun-ubun besar umumnya menutup setelah bayi berusia 9 bulan, meskipun ada juga yang baru menutup saat anak sudah berusia 18 bulan," jelas dr. Setyo Handryastuti, Sp.A(K) dokter spesialis anak. 

Ia mengatakan bahwa apabila ubun-ubun besar ini belum juga menutup saat anak sudah berusia 2 tahun lebih, bunda perlu curiga adanya kelainan. Beberapa jenis kelainan yang dapat menyebabkan ubun-ubun anak terlambat menutup antara lain hidrosefalus (pembesaran tengkorak), sindroma down atau hipotiroidisma (kekurangan hormon tiroid).

Untuk mengetahui adanya gejala hidrosefalus, ukur lingkar kepala si kecil lalu bandingkan dengan ukuran lingkar kepala normal sesuai dengan usianya. Juga, lakukan pemantauan tumbuh kembang si kecil. Bila bila salah satu atau keduanya tergolong tidak normal, segera konsultasikan ke dokter anak.






 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Natal Teeth, Bayi Baru Lahir Tumbuh Gigi

Kalau bunda pernah mengalami hal ini pastilah kaget. Kok bisa, tumbuh gigi sebelum berumur 6 bulan? Jarang terjadi, tapi orang tua tidak perlu khawatir kalau mendapati bayi tumbuh gigi di usia sangat ... read more