Si Kecil Menangis Terus

 

Foto: 123RF

Butuh perhatian. Mungkin tak banyak orang yang tahu, bahwa bayi perlu banyak dipeluk. Mereka suka melihat wajah dan mendeteksi aroma tubuh orang tuanya. Menangis adalah cara mereka ingin didekati atau diperhatikan. Gendonglah bayi Anda, dan peluk dia, yakinkan bahwa ia diperhatikan. Dengan begitu ia akan merasa nyaman dan berhenti menangis.

Suhu udara kurang pas. Suhu udara yang ekstrem dingin atau panas juga dapat membuat bayi menangis.  Pakaian terlalu tipis dalam suhu dingin atau terlalu tebal dalam suhu panas,  membuat bayi  menangis sambil mengernyitkan wajah. Bergegaslah mengganti pakaiannya dengan bahan yang nyaman.

Rasa tidak nyaman. Beberapa bayi memang sangat sensitif terhadap beberapa hal yang ada disekitarnya, salah satunya kain pakaian yang terasa kasar. Hal ini akan membuatnya menangis karena merasa sakit atau gatal. Periksa segala hal yang berhubungan dengan bayi Anda terutama barang yang biasa ia gunakan dan berada didekatnya sehari – hari.

Tumbuh gigi. Tumbuh gigi memang menyakitkan, karena setiap gigi yang baru tumbuh akan  mendorong gusinya yang lembut. Ia  akan rewel dan menangis saat giginya mulai tumbuh dibeberapa titik. Jika Anda belum mengetahui penyebab bayi menangis, tak ada salahnya mencoba meraba gusinya menggunakan ujung jari Anda. Ketika berhasil menemukan titik keras, itu tandanya gigi bayi baru muncul. Hal yang perlu dilakukan adalah mencari tahu lebih banyak tentang gigi bayi dan bagaimana mengurangi rasa sakitnya.

Stimulasi berlebihan. Bayi memang banyak belajar melalui stimulasi dari lingkungan sekitarnya. Namun ada saatnya ia mengalami kesulitan  memroses semua yang ia terima. Menangis adalah caranya memberi tahu bahwa  sudah cukup memroses segala hal. Tenangkan dia dengan memberinya pelukan.

Kurang stimulasi. Stimulasi merupakan salah satu kebutuhan utama bayi pada masa pertumbuhan. Tidak hanya menangis karena stimulasi yang berlebihan, kekurangan stimulasi juga akan membuatnya menangis. Kurang stimulasi bisa membuat bayi merasa bosan.   Anda bisa mengajaknya bermain di dalam atau di luar rumah, misalnya ajak bayi Anda berjalan menggunakan stroller ke taman.

Sakit. Jika Anda merasa telah melakukan berbagai cara untuk menghiburnya, namun ia masih menangis, ada kemungkinan ia merasa tidak enak badan. Tangisan bayi yang sakit berbeda dengan tangisan yang disebabkan oleh frustasi atau lapar. Segera periksa suhu tubuhnya, bawa ia ke dokter. (DEN)

Baca juga:
8 Tanda Bayi Lapar
Anak Gampang Menangis
Ini Tanda bayi Anda Lelah

 



Artikel Rekomendasi

post4

8 Tanda Bayi Lapar

Banyak tanda yang si kecil tunjukkan ketika ia lapar. Dari salah satu tanda di bawah ini, apakah bayi Anda sering melakukannya? ... read more