THE POWER OF ‘LIQUID GOLD’

 

Foto: 123RF
11. ASI TIDAK BISA DI REKAYASA, ASI BERBEDA DENGAN SUSU FORMULA. Komposisi susu formula mungkin saja bisa diubah atau direkayasa, namun tidak dengan ASI. Sebagai contoh, pada saat awal melahirkan, ASI menghasilkan kolostrum yang sangat penting untuk bayi.

12. ASI MERUPAKAN VAKSIN YANG LEBIH EFEKTIF. Penelitian menunjukan, bahwa bayi yang diberi ASI memiliki respon antibodi yang lebih baik daripada bayi yang diberi susu formula.

13. MEMBERIKAN FASE “LIBUR” BAGI MENSTRUASI. Hormon yang berperan dalam produksi ASI, mengurangi kadar hormon yang berfungsi pada proses ovulasi. Dampaknya, ibu tidak akan mengalami menstruasi selama menyusui. Sebuah riset menyebut, masa 'libur' ini dapat mencegah menopaus dini. 

14. MENYUSUI MENGURANGI WAKTU KERJA ANDA. Dengan menyusui, bayi akan jarang mengalami sakit. Hal ini tentunya akan mengurangi pekerjaan ibu.

15. ASI ITU MURAH ! ASI juga memiliki manfaat dari segi ekonomi. Dengan menyusui, dapat membantu mengurangi biaya untuk membeli susu formula yang harganya tidaklah murah.

16. MENYUSUI MERUPAKAN CARA TERBAIK UNTUK BELAJAR MENGENAL BAYI. Menyusui akan menciptkan kedekatan antara ibu dan bayi. Dengan menyusui ibu akan memahami tanda yang diberikan oleh bayi, seperti saat bayi merasa kenyang atau saat bayi merasa sedang haus.

17. MENGATUR JARAK KEHAMILAN. Menyusui 98% - 99% efektif sebagai pengendali kehamilan atau kelahiran. Tentunya, jika diikuti dengan pedoman yang tepat. Dengan menyusui, maka periode menstruasi atau masa subur wanita akan tertunda.

18. TIDAK ADA YANG LEBIH MUDAH DARI MENYUSUI. Menyusui tidak membutuhkan persiapan. ASI selalu tersedia dalam kondisi segar dan suhu yang tepat untuk dikonsumsi oleh bayi.

19. BERMANFAAT UNTUK IBU dan ANAK. Tidak hanya untuk mengurangi biaya pembelian susu formula, ASI juga menghemat biaya medis bagi keluarga. Hal ini dikarenakan bayi yang diberi ASI akan lebih sehat dan tidak mudah sakit.

20. MENINGKATKAN SOSIALISASI. Menyusui akan meningkatkan hubungan ibu dengan ibu lainnya. Ibu bisa bertukar informasi terkait ASI, metode pengasuhan bayi, pemberian makanan untuk bayi. Menyusui memungkinkan ibu untuk menjalin hubungan yang positif dengan yang lainnya. (DEN)

Baca juga:

Mitos dan Fakta Menyusui
ASI yang Keluar Sebelum Bayi Lahir. Dapatkah Disimpan?
Ternyata, Kondisi Puting Datar Tidak Akan Menghambat Proses Menyusui

 



Artikel Rekomendasi

post4

Pusar Bayi Bodong

Disebut pusar bodong karena bentuk pusar (umbilical ring) yang seharusnya rata dengan perut, malah menonjol. Sebagian besar menutup spontan sebelum usia 1 tahun. Namun ada juga yang baru menutup sebel... read more