Minggu-minggu Waspada Kehamilan

 

Di balik kebahagiaan menanti si buah hati, muncul berbagai keluhan yang kadang-kadang menyebalkan. Berbagai keluhan yang  berbeda-beda munculsesuai dengan tahapan usia kehamilan, Tidak perlu stress ataupun panik, kenali gejalanya, supaya Anda bisa melakukan tindakan yang tepat agar tidak membahayakan Anda dan janin. Berikut ini minggu-minggu waspada kehamilan dan gejala yang terjadi:

  • Mingu ke-6

Ibu: Gejala mual-mual mulai muncul. Waspada jika Anda muntah berat (hiperemesis gravidarum). Kondisi ini cukup mengganggu karena melelahkan dan dapat menurunkan berat badan ibu.

Janin: Embrio berubah bentuk menjadi janin. Ukurannya seperti kacang tanah serta sistem saraf dan tulang belakangnya mulai terbentuk.

  • Minggu ke-7

Ibu: Kadang kepala terasa berputar-putar, pusing. Jangan sembarangan minum obat, konsultasi dulu dengan dokter kandungan Anda.

Janin: Jantungnya mulai tumbuh, telah terbentuk bilik kiri dan kanan. Pemeriksaan ultasonografi (USG) dapat mendeteksi denyut jantung. 

  • Minggu ke-8

Ibu:Susah ke belakang? Wajar saja. Yang penting banyak makan makanan berserat, seperti sayur, buah dan biji-bijian.

Janin: bentuk organ luar tubuhnya mulai terlihat jelas. Kakinya telah dilengkapi telapak dan jemari, daun telinga telah terbentuk, dan lengan mulai mengalami fleski (pembengkokan) pada siku dan pergelangan.

  • Minggu ke-12

Ibu: Mungkin terjadi saat gosok gigi akan berdarah. Bila berkali-kali terjadi, kunjungi dokter gigi, dan katakan Anda sedang hamil.

Janin: kantung ketuban telah berisi 50 cc cairan, yang siap melindungi janin dari berbagai benturan dan guncangan. Saat ini jani sudah dapat menyerap dan mengeluarkan cairan.

  • Minggu ke-20

Ibu: Perut makain membesar, sakit pinggang mulai menyerang. Lakukan relaksasi, olahraga, dan biasakan sikap tubuh yang benar.

Janin: Kini beratnya sekitar 250 gram dan panjang 16 cm. kulit janin mulai dilindungi verniks kaseosa, sejenis lapisan berlemak.

  • Minggu ke-26

Ibu: awal-awal trisemester terakhir, kaki tampak dipenuhi spider vein yang tak sedap dipandang. Kontrok berat badan Anda, olahraga yang mengaktifkan kaki, dan konsumsi makanan berserat.

Janin: Kini paru-paru janin makin lebih baik digunakan untuk bernapas, sehingga bila terpaksa lahir premature, kemungkinan bisa survive.

  • Minggu ke-33

Ibu: Anda mulai sering merasakan kram pada kaki di tengah malam saat tidur. Minta bantuan suami menekuk telapak kaki yang kram ke arah tubuh.

Janin: Anda bisa merasakan gerakan-gerakan melintang janin pada perut. Ini pertanda janin sedang menyesuaikan posisi yang tepat untuk proses kelahiran.

 

 

Artikel Rekomendasi