Cara Mempercepat Kehamilan

 

Foto: 123RF

6. Jangan merusak pembuahan
Dikutip dari www.yourfertility.org.au, alkohol, rokok, dan narkoba adalah faktor penyebab tidak seimbangnya hormon, buruknya kualitas sel telur dan ketidaksuburan. Bagi wanita,  merokok memengaruhi setiap tahap proses kehamilan, termasuk pematangan sel telur, produksi hormon, transportasi embrio, dan kondisi rahim.
Tips: Hindari rokok, kopi, dan alkohol. Minum lebih banyak air putih untuk membantu melumasi “mesin” reproduksi Anda.

7. Waspada Merkuri
Dr Rosdiana Ramli, SpOG.
, menyarankan wanita agar lebih cermat dalam memilih jenis ikan untuk dikonsumsi. Meski ikan merupakan sumber asam lemak omega3, protein, vitamin D, dan nutrisi lainnya, ikan tertentu juga mengandung merkuri dalam jumlah besar, yang bisa menyebabkan gangguan pembentukan organ dan sistem saraf janin yang dikandungnya.
Tips: Hindari mengonsumsi ikan marlin, tuna, hiu, todak, dan mackerel dan beralihlah pada seafood rendah merkuri seperti udang, ikan tuna, ikan salmon, lele, atau kerang.

8. Periksakan diri ke dokter
Penyakit seksual menular seperti sifilis, gonore, chlamydia, dapat menyebabkan infertilitas. Kebanyakan penyakit seksual ini tidak memiliki gejala, maka periksalah sesegera mungkin untuk mencegahnya dan mempercepat proses prakonsepsi.
Tips: Terdiagnosa memiliki penyakit seksual, bukan akhir dunia. Pastikan Anda mendapatkan pengobatan medis yang profesinal.

9. Jangan menunda-nunda
Www.who.int menyebutkan bahwa wanita dilahirkan dengan lebih dari 1 juta sel telur dan akan berkurang sebanyak 700-1.000 setiap bulannya sejak menstruasi pertama. Semakin lama menunggu, semakin kecil kemungkinan Anda mendapatkan kesempatan hamil. Wanita yang berusia 30 tahun akhir hingga pertengahan 40 tahun biasanya akan memiliki lebih sedikit sel telur dan lebih berisiko menjadi abnormal secara genetik.
Tips: Jam biologis terus berdetak, jangan menunda kehamilan sebelum terlambat.

10. Jangan berhenti berharap
Sebuah survey yang dilakukan bulan Juli dan September 2011 oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, AS, menyebutkan, sebanyak  212 wanita dari 3 klinik di Indonesia mengalami infertilitas. Tetapi jangan putus harap, ada banyak perawatan kesuburan yang tersedia yang dapat membantu Anda untuk hamil.
Tips: Perubahan gaya hidup sederhana yang sehat dapat menjadi kunci ajaib untuk mempercepat kehamilan Anda. Pilih makanan yang bergizi dan perbanyak asupan suplemen yang baik untuk kehamilan seperti asam folat, vitamin D, alsium, dan zat besi.
(DEN)

Baca juga:
Cara Terbaik Cepat Hamil
4 Alat Bantu Menghitung Masa Subur

Ingin Segera Punya Anak? Kenali Penyebab Susah Hamil dan Solusinya!

 



Artikel Rekomendasi