Wajib Tahu! Bahayanya Mengonsumsi Ginseng Selama Hamil

 


Bunda pasti sudah tidak asing lagi dengan khasiat dari tanaman herbal yang satu ini. Gingseng dipercaya selama ribuan tahun sebagai obat tradisional karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Baik itu ginseng Amerika ataupun ginseng Asia, keduanya diyakini dapat meningkatkan energi, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, mengurangi stress, hingga meningkatkan relaksasi. Itulah sebabnya mengonsumsi ramuan ginseng sering dijadikan solusi untuk mengembalikan stamina tubuh dan menurunkan peradangan.

Sekilas beragam manfaat yang telah disebutkan terdengar cocok untuk memenuhi kebutuhan tubuh Ibu hamil. Tapi tunggu dulu, Bun. Jika Anda terpikir untuk mengonsumsi ginseng baik itu dalam bentuk teh, suplemen, ataupun minuman berenergi, simak dulu penjelasan berikut ini.

Melansir dari Parenting Firstcry, berikut 7 alasan mengapa konsumsi ginseng harus dihindari selama kehamilan.

Risiko Cacat Lahir
Ginseng mengandung senyawa kimia aktif yang disebut ginsenoside Rb1. Berdasarkan studi The Journal Human Reproduction yang dilakukan pada hewan, senyawa tersebut menyebabkan kelainan pada embrio tikus. Selain itu, National Institutes of Health (NIH), juga sangat menganjurkan agar para Ibu hamil tidak mengonsumsi ginseng selama kehamilan.

Resiko Pendarahan
Ginseng Korea memiliki sifat antikoagulan, yang dikhawatirnya bisa menimbulkan risiko yang cukup berbahaya selama kehamilan, seperti timbul pembekuan darah, penghentian peredaran darah, hingga menyebabkan masalah serius selama persalinan ataupun setelah melahirkan.

Dapat Menyebabkan Diare
Efek samping yang umum diamati pada wanita yang minum teh ginseng selama kehamilan adalah diare. Sering dianggap remeh, diare pada Ibu hamil berisiko menyebabkan dehidrasi yang bisa berdampak buruk bagi janin.

Jika Anda mengalami diare setelah mengonsumsi teh ginseng, segera konsultasikan pada dokter dan perbanyak minum banyak air putih agar tubuh Anda tetap terhidrasi.

Gangguan tidur
Ginseng diketahui memberikan efek sulit tidur atau terbangun di malam hari. Nah, kualitas jam tidur yang buruk bisa memicu beragam gangguan selama kehamilan, seperti menyebabkan kelelahan, stress, menurunkan stamina, perubahan mood, dan gangguan kesehatan lainnya.

Mulut kering
Ibu hamil yang mengonsumsi teh ginseng juga sering mengeluhkan mulut kering. Kondisi ini terjadi karena fungsi kelenjar ludah tidak berfungsi dengan baik karena adanya enzim pada ginseng.

Mulut kering pada Ibu hamil juga bisa terjadi karena beberapa faktor seperti kecemasan, stres, dan pengobatan lainnya. Gangguan kesehatan ini bisa semakin buruk bila Anda mengonsumsi ginseng selama kehamilan.

Menurunkan Gula Darah
Masih banyak ibu hamil yang tidak mengetahui bahwa mereka sangat rentan terkena diabetes. Mengonsumsi ginseng dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar gula, yang dapat menyebabkan pusing dan menurunnya detak jantung. Kondisi ini tentu tidak ingin dialami siapapun karena sangat berbahaya bagi Anda maupun janin.

Bisa Menyebabkan Sakit Kepala
Ginseng juga diketahui menyebabkan sakit kepala dan nyeri otot pada wajah dan leher. Hal ini tentu dapat membuat kondisi morning sickness semakin buruk dan bisa memengaruhi suasana hati Ibu hamil. Selain itu ginseng juga dapat mengganggu hormon yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon selama kehamilan.

Baca juga:
8 list makanan yang wajib dihindari ibu hamil

Banyak ibu hamil di indonesia yang kurang makan, ini dampaknya
Bumil juga perlu vaksinasi

 



Artikel Rekomendasi

post4

Bunda Ngidam Apa?

Orang ngidam memang aneh. Mulai dari ingin mengunyah es batu, hingga buah yang tidak sedang musim.... read more