Pilihan Cara Bersalin Masa Kini: Gentle Birth

 

Metode persalinan gentle birth memang sedang banyak diminati oleh calon ibu di dunia, terutama di kalangan public figure. Sebut saja Demi Moore, Gwyneth Paltrow, Katie Holmes, Oppie Andaresta, dan sebagainya, pernah mencoba teknik ini dan merasakan manfaatnya. Sebelum Anda mencoba, apakah adakah hal yang harus diperhatikan?

Menurut dr. Ali Sungkar, SpOG spesialis kandungan dan kebidanan FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, gentle birth merupakan metode persalinan yang menggabungan persiapan pikiran dan mental dengan latihan self hypnosis atau hipnosis ddiri, sejak awal kehamilan hingga proses persalinan berlangsung. Metode persalinan bisa dilakukan secara konvensional maupun alternatif. Syaratnya, kehamilan harus bebas risiko sama sekali dan bukan kehamilan kembar.

Sementara menurut Lanny Kuswandi, pakar hypnobirthing dari Pro V Klinik, Jakarta, gentle birth merupakan proses persalinan alami yang berlangsung dengan lembut untuk menyambut jiwa yang lahir ke dunia. Penolong dan pendamping harus membantu dengan tenang dan suara yang lembut, sehingga pada saat bayi lahir, suasana di sekelilingnya tenang, hening dan penuh kedamaian. Hal ini bertujuan agar ibu tetap dapat mempertahankan kondisi relaksasi yang dalam (meditatif) selama persalinan berlangsung.

Jika Anda ingin mencoba berbagai pilihan gentle birth, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi terkait kondisi kesehatan dan kehamilan. Antara lain:  
  • Tidak berada pada rentang usia untuk hamil yang berisiko tinggi, yaitu di atas  35 tahun.
  • Merupakan kehamilan tunggal, bukan kembar.
  • Selama masa kehamilan tidak ada masalah kesehatan berarti pada ibu dan janin.
  • Posisi janin normal dan tidak memiliki risiko mengalami gangguan kesehatan.
  • Tidak ada gejala cairan ketuban pecah dini.
  • Tidak ada riwayat komplikasi kehamilan maupun persalinan sebelumnya.

Sudah siap? Sekarang tinggal pilih mau menggunakan metode gentle birth yang mana? Cari tahu di sini.

 



Artikel Rekomendasi