13 Cara (Lebih) Senang Lagi Habis Melahirkan

 

 
123RF



 
Ibu yang baru melahirkan perlu mencerahkan perasaan dan pikirannya agar bisa menjalani hari-hari bersama anak dengan penuh keceriaan. Berikut ini aktivitas dan sikap diri yang bisa melegakan hati:

1. Menikmati makanan dan camilan
Pusing, bingung, bengong, dan bosan itu-itu saja kegiatan harian Anda setelah melahirkan. Mencari menu makanan di internet lalu memesannya menjadi kerjaan Anda di sela-sela menunggu anak terbangun. Memesan makanan dan menikmatinya sambil menonton DVD film terbaru atau mengajak teman Anda menonton DVD bersama di rumah, asyik sekali! Jangan lupa memperhatikan gizi makanan yang Anda pesan agar tidak mengganggu kualitas ASI. Saat Anda makan Gulai Kambing Pedas, bayi Anda pun ikut menikmati rasa pedas itu dari ASI.

2. Belanja online
Boring juga hari-hari di isi aktivitas itu-itu saja. Sudah pasti kegiatan yang bisa bikin setiap wanita bahagia adalah belanja! Berhubung baru saja selesai melahirkan dan mobilitas belum kembali normal, maka sulit buat bertandang ke mall. Pastinya belanja online jadi solusi Anda. Aneka barang bayi yang menggemaskan pasti jadi target. Tapi ingat, bukan cuma kebutuhan bayi prioritasnya. Benda-benda buat Anda juga penting. Dan di antara deretan belanjaan coba selipkan dark chocolate yang lezat dan bisa bikin pikiran relaks.

3. Bergabung dengan ibu senasib
Alangkah senangnya jika Anda bisa ngobrol-ngobrol dengan orang senasib. Mereka lebih mengerti keadaan Anda dan dapat memberi solusi tepat atas kegusaran Anda mengasuh si buah hati. Mengapa tidak coba googling di internet dan mencari perkumpulan atau komunitas ibu. Misalnya AIMI ASI, untuk support group seputar ASI dan menyusui, GESAMUN (Gerakan Sadar Imuniasi), dsb. Karena milis sekarang sudah jarang, coba temukan di Facebook Fanpage.

4. Makan siang bersama teman
Mengundang teman-teman se-gank atau teman kantor ke rumah menemani Anda makan siang bersama adalah pilihan tepat untuk menghibur diri. Bermacam aktivitas bisa Anda lakukan bersama teman, mengajak mereka masak bersama atau sekadar membuat sambal sebagai teman makan. Hari ini Anda tidak lagi menyantap makan siang sendiri sambil memantau boks bayi si buah hati. Ada teman-teman yang memberikan udara baru untuk Anda. Jangan lupa mengorek gosip in di kantor atau kisah seru antar teman. Meski Anda sibuk di arena ibu baru di rumah, berita terbaru tetap dapat. Ingin makan menu favorit di dekat kantor atau mall yang jauh dari rumah? Sudah pasti pakai aplikasi Go Food bisa!

5. Ayo, olahraga!
Bowling, basket, aerobik, tennis atau treadmill di rumah dan joging di kompleks adalah bagian dari keseharian Anda. Selama hamil Anda membatasi olahraga yang butuh tenaga ekstra. Sekarang, bisa Anda lakukan lagi. Memang dalam 3 bulan pertama Anda masih dibatasi. Anda tidak diperkenankan melakukan olahraga terlalu berat. Ingat, luka operasi Anda (yang melahirkan secara caesar) belum sembuh benar. Olahraga ringan seperti treadmill bisa menjadi pilihan. Selain menyehatkan, bisa membantu mengembalikan bentuk tubuh Anda.

6. Kembali tekuni hobi
Hobi yang Anda gandrungi tak leluasa dijalani karena kehamilan. Kini Anda bisa melakukan kembali hobi itu. Bila senang memasak, coba resep-resep baru untuk Anda pamerkan pada suami. Atau, jika Anda senang menulis atau melukis, si buah hati kini dapat menjadi sumber inspirasi lukisan dan tulisan Anda. Kumpulkan tulisan-tulisan Anda untuk dijadikan buku. Pajang lukisan Anda. Siapa tahu suatu saat ada yang berminat membelinya. Senangnya hobi yang melengkapi hari-hari Anda merawat anak bisa menghasilkan uang.

7. Mensyukuri bentuk tubuh
“Badan dan payudara jadi lebih berisi dan seksi.” Kalimat ini merupakan ungkapan kebahagiaan ibu pasca melahirkan. Tak selalu perubahan tubuh merupakan mala petaka. Anda yang bertubuh kurus sebelum hamil, kondisi tubuh yang berisi adalah nilai plus untuk Anda. Bagi yang masuk kategori 'dada rata', bentuk payudara Anda kini berisi dan tampak lebih indah. Bagaimana dengan ibu yang lebih gemuk setelah melahirkan? Tak perlu kecewa, gemuk bukan berarti Anda bagai itik gendut buruk rupa. Syukuri keadaan tubuh Anda saat ini. Anda sehat sehingga dapat mengurus sendiri bayi mungil Anda.

8. Maksimalkan ponsel di genggaman
Inilah hiburan ajaib yang bisa ikut Anda ke mana saja. Ayo maksimalkan. Download aneka aplikasi yang bisa menghibur sekaligus jadi sumber info seputar perawatan dan pengasuhan bayi. Misalnya e magazine Ayahbunda yang ada gratis di App Store dan PlayStore. Tinggal download, majalah versi digital pun langsung ada dalam genggaman Anda. Supaya relaks saat menyusui atau memompa, download aplikasi Spotify yang memungkinkan Anda bikin playlist lagu-lagu favorit. Kalau mau nonton film di ponsel juga gampang. Ada Viu untuk drama Korea, Netflix untuk box office, dan Hooq buat film Indonesia. Senangnya!

9. Maknai tiap detik bersamanya
Dari pada mengeluhkan anak yang rewel, menangis terus, sulit tidur, atau apapun polahnya yang membuat 'tanduk' di kepala Anda muncul; lebih baik Anda maknai secara positif semua yang terjadi. Coba dengarkan tangisnya. Siapa tahu Anda bisa mendengar suara kalbu si buah hati sehingga Anda paham apa yang diinginkannya. Bila dia sulit tidur, ajak bermain-main sebentar. Jika lelah, dia akan tidur pulas. Lihatlah bagaimana bentuk wajahnya saat ia tidur. Lakukan segala sesuatu sendiri, seperti memandikan, menjemur, atau mengganti popok. Masa-masa seperti ini tak berlangsung lama, karena dia akan beranjak dewasa. Bahagianya bila Anda bisa menikmati dan memaknai setiap detik waktu Anda bersamanya.

10. Kembali ke posisi tidur semula
Jika selama hamil posisi tidur Anda hanya telentang dan telentang, sesekali miring tapi tetap saja tidak nyaman. Untuk mendapat kenyamanan, Anda sampai perlu mengganjal perut agar si janin tak terganggu. Cukup menyiksa masa-masa itu, apalagi Anda senang sekali tidur tengkurap. Setelah melahirkan, Anda bisa kembali tidur tengkurap! Bahagia rasanya kembali menikmati posisi tidur favorit Anda. Guling pun tidak lagi menganggu atau hanya berfungsi sebagai pengganjal perut dan punggung. Sekarang Anda bebas memeluknya!

11. Ikut perawatan ibu melahirkan
Sebagai wanita yang baru saja mendapat predikat ibu baru, perlu melakukan perawatan tubuh. Kini Anda bisa mendapatkan perawatan tubuh untuk ibu pasca melahirkan selama 40 hari. Anda akan di servis massage, pemakaian bengkung dan stagen dari paha atas sampai perut atas, mandi rempah, ratus, dan 2 kali sehari lulur, plus minum ramuan jamu. Tak perlu ragu dengan kondisi bayi Anda di rumah. Anda bisa menitipkannya pada pengasuh atau orang kepercayaan Anda seperti nenek. Jangan lupa timbun ASI di lemari es agar kebutuhan ASI anak terpenuhi selalu.

12. Abadikan si kecil
Siapa tak takjub melihat gerak-gerik bayi? Ada-ada saja tingkahnya yang luar biasa. Kesehariannya memang tak lepas dari menangis, teriak-teriak, tidur dan tersenyum. Meski begitu, selalu saja membuat Anda gemas karena bayi cenderung memunculkan mimik berbeda-beda. Coba, ambil kamera atau cam-video. Abadikan setiap gerak-geriknya. Kumpulkan foto-foto atau video-video sesuai usianya; misal wajah minggu pertama, wajah minggu kedua, suara tangisan minggu pertama, atau posisi tidur minggu kedua. Lebih menarik jika Anda susun dalam sebuah scrapbook. Anda bisa memamerkannya pada kakek, nenek, atau saudara-saudara Anda juga ingin tahu melihat perkembangan si kecil. Atau, tunjukkan pada anak saat ia besar nanti.

13. Beres-beres rumah
Gregetan melihat keadaan rumah tak sesuai selera Anda. Selama hamil Anda bisa cuek, lebih tepatnya menahan diri karena rasanya tak nyaman dengan perut besar beberes rumah. Kini, kondisi Anda memungkinkan turun tangan membenahi rumah. Anda bisa mulai dari sesuatu yang mudah, misalnya membereskan pakaian di lemari, membereskan lemari buku, dan yang seru adalah menyusun foto-foto selama kehamilan dan kelahiran si kecil. Bisa bikin album di sosial media, atau cetak fotonya dan bikin scrapbook. Ingat, hindari mengangkat atau memindahkan barang-barang berat seperti lemari, kursi, atau rak. Bila bersikeras, minta bantuan orang lain.

(TIM AYAHBUNDA/PAS/FAR)

Baca Juga:
10 Hal Penting yang Ibu Baru Wajib Baca
Relaksasi Terbaik buat Ibu Baru, Ampuh Mengusir Stres

 

Artikel Rekomendasi