Kempeskan Kaki Bengkak

 

Kaki membengkak dan berat oleh cairan tubuh selama kehamilan dapat dikurangi dengan 3 cara mudah ini. Setelah melakukan latihan, naikkan kaki ke atas sofa dan minta sang suami untuk melakukan pemijatan ringan.
  • Ankle pump. Di dekat tangga, dengan tangan pada pegangan tangga, Anda berdiri dengan ujung telapak bertumpu pada tepi anak tangga paling rendah. Kemudian turunkan tumit, lalu perlahan angkat hingga posisi jinjit. Lakukan 2 set masing-masing 20 kali.
  • Toe circles. Duduk di kursi, angkat satu kaki Anda dan gerakkan seolah-olah menggambar huruf di udara dengan jari-jari kaki. Lakukan  set ‘menulis’ huruf A-Z pada masing-masing kaki. Latihan ini dapat pula dilakukan sambil berbaring.
  • Towel Scrunches. Duduk di kursi, bentangkan handuk kecil di lantai di depan duduk Anda. Jumput handuk dengan jemari kaki dan gerakkan ke arah mendekati Anda duduk dengan menggerakkan otot kaki, jari dan tumit. Lakukan 4 kali di tiap kaki.
Walaupun setiap kali kunjungan ke obgin Anda selalu diperiksa bila kaki bengkak, atau edema, segera hubungi dokter bila terjadi perubahan dramatis yang bisa saja merupakan tanda-tanda preeklampsia.  

 



Artikel Rekomendasi