Ibu Menyusui Lebih Agresif

 

Tak hanya induk mamalia, ibu menyusui juga menjadi lebih agresif dan sensitif di masa menyusui.

Pernah melihat bagaimana seekor induk kucing begitu protektif terhadap anak-anaknya. Ia  menjadi sangat galak saat sedang menyusui dan siap mencakar siapa pun yang mencoba mendekat!  Ternyata perilaku induk kucing itu juga dimiliki induk beruang, macan, singa, termasuk Anda!  Demikian  temuan Dr. Jennifer Hahn-Holbrook dari Departemen psikologi, UCLA, Amerika Serikat.

Hann-Holbrook melakukan penelitian terhadap tiga kelompok wanita, yaitu bunda menyusui, bunda yang tidak menyusui dan memberi susu formula, serta wanita yang belum melahirkan.  Penelitian yang dipublikasikan di jurnal asosiasi ilmu psikologi itu menyimpulkan bahwa bunda yang menyusui lebih agresif dalam bertindak,  dan memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibanding dua kelompok lainnya.

Selain itu, menyusui ternyata juga mengurangi stres, perasaan takut, dan memberi keberanian ekstra pada seorang bunda  untuk melindungi diri dan bayinya. Jika seorang ibu menyusui merasa diri atau bayinya sedang terancam, perilaku agresif akan muncul,  dan reaksi itu dikenal dengan sebutan lactation aggression atau maternal defence.

Meski menyusui membuat ibu jadi lebih agresif atau galak, toh, faktor pemicu tidak boleh dikesampingkan begitu saja, yaitu, perilaku agresif muncul bila ada ancaman. Jadi, dalam kedaan normal, semustinya, sih, ibu menyusui tidak bertambah galak pada orang-orang di sekitarnya. (ME)

 



Artikel Rekomendasi

post4

10 Tantangan Bagi Ibu Baru

Bagi sebagian wanita menjadi ibu baru merupakan anugerah terindah. Namun tidak semua memahami tantangan menjadi ibu baru, kira-kira apa saja sih? Yuk simak artikel ini!... read more