Kiat Potong Rambut Anak untuk Pertama Kali

 

Agar tidak trauma, saat pertama kali memotong rambut anak balita sebaiknya dikerjakan sendiri di rumah. Anak merasa lebih aman berhadapan dengan ibu atau ayahnya daripada  orang asing yang melakukan sesuatu di kepalanya. Lingkungan rumah yang sudah dia kenal  membuatnya tenang. Anda pun  bisa setiap saat mengubah lingkungan agar anak mau diam. Coba tips berikut ini agar Anda sukses memotong rambut anak:  
  1. Lakukan saat tidur nyenyak.
    •    Dengan hati-hati, potong rambut anak bagian kepala sisi luar. Pegang ujung rambut, kemudian gunting agar rambut tidak berserakan di tempat tidur anak. Lakukan di sisi satunya saat si kecil ganti posisi. Setelahnya taburkan talk di bagian tengkuk agar anak tidak merasa gatal.
    •    Siapkan air hangat, dan mandikan segera ketika si kecil bangun.
  2. Lakukan  saat sedang bermain
    •    Siapkan beberapa alternatif permainan untuk membuat anak sibuk. Umumnya anak bisa bertahan lama saat bermain air. Siapkan air hangat di bak, berikan berbagai mainan yang bisa mengambang dan yang dapat tenggelam.
    •    Potong rambut anak secepat Anda bisa. Bila si kecil tampak mulai bosan dan ingin merebut gunting, hentikan segera dan ulangi keesokan harinya.
  3. Gunakan gunting dengan ujung membulat agar tidak melukai anak saat bergerak

 



Artikel Rekomendasi