Tanya-Jawab: Perih Vagina

 

Tanya: Pasca melahirkan dengan operasi Caesar 3 bulan lalu, saya sering merasa ngilu dan perih di vagina sehingga takut berhubungan intim. Vagina menjdai kering, sehingga tersenggol sedikit sudah sakit bukan main. Mengapa sakitnya lebih dari yang bersalin normal? Apa penyebabnya dan dapatkah diobati?

Jawab:
Sebenarnya tidak ada hubungan antara tindakan operasi Caesar dengan rasa sakit di vagina, karena manipulasi tindakan hanya dilakkan di perut dan rahim, tidak sampai ke vagina. Kemungkinan besar rasa sakit di vagina saat berhubungan intim terjadi akibat masalah psikologis, yaitu Anda takut berhubungan intin setelah operasi Caesar karena khawatir menimbulkan sesuatu pada luka bekas operasi. Akibatnya, efeknya juga dialami vagina, yaitu kering, terasa perih dan ngilu.
Meski berslain normal pun (lewat vagina), dalam 40 hari sesudahnya, organ kelamin sudah kembali normal seperti sebelum hamil dan tidak akan mengalami problem lanjutan. Apalagi jika bersalin secara Caesar.
Coba atasi dulu kekhawatiran Anda dan bicarakan dengan suami agar melakukan stimulasi yang cukup sebelum berhubungan seksual agar vagina lebih siap. Jika problem masih berlanjut, periksakan ke dokter.  
 

 



Artikel Rekomendasi