Melahirkan Lewat Waktu

 

Jangan ragu untuk minta USG ketika berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui lingkar perut ibu hamil dan ukuran tulang janin sehingga tingkat kesalahan hitung perkiraan kelahiran bisa diminimalisasi.

Faktor-faktor penyebab melahirkan lewat waktu:
  • Masalah ketidak seimbangan hormon yang berakibat pada tidak teraturnya siklus menstruasi. Sering terjadi kesalahan perhitungan usia kehamilan akibat masalah ini.
  • Mengidap diabetes mellitus atau terkenan pre-eklampsia yang dapat mempengaruhi sistem hormon ibu hamil.
  • Kelainan pada mulut rahim. Biasanya ditandai dengan kurangnya jumlah jaringan ikat kolagen, kandungan air, dan enzim kolagenase. Akibatnya, mulut rahim tidak melunak dan sulit terjadi pembukaan.
Kemungkinan melahirkan lewat waktu bisa diperkecil bila ibu hamil teratur memeriksakan kandungannya. Jangan ragu untuk minta USG ketika berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui lingkar perut ibu hamil dan ukuran tulang janin sehingga tingkat kesalahan hitung bisa diminimalisasi menjadi hanya sekitar 2 minggu.

Selain itu, diperlukan gaya hidup sehat selama Anda mengandung si buah hati. Penuhi kebutuhan nutrisi Anda dan janin dengan gizi lengkap seimbang. Lakukan olah raga ringan selama hamil dan sangat baik bila Anda mengikuti program senam hamil. Kondisi fisik dan mental yang rileks turut berpengaruh pada proses persalinan.

Baca:
Menghitung Taksiran Tanggal Persalinan





 

Artikel Rekomendasi