Perubahan Perut Pasca Melahirkan

 

Setelah melahirkan tentu Anda ingin tubuh bisa langsung langsing. Sayangnya, perut tidak bisa kembali seperti semula! Apa saja yang berubah?

Kelebihan kulit
. Saat Anda hamil kulit perut akan meregang, seiring membesarnya ukuran rahim yang bisa mencapai 5 kali ukuran normal. Apalagi jika Anda hamil kembar, kulit perut akan meregang lebih jauh lagi. Masalahnya, kulit yang sudah meregang maksimal sulit untuk mengerut kembali karena elastisitasnya berkurang. Akibatnya, masih ada kelebihan kulit yang bergelambir meski perut sudah mengecil setelah melahirkan.
Solusi:
Melakukan sit up atau diet tidak akan melenyapkan masalah ini. Kelebihan kulit  hanya bisa hilang lewat operasi plastik. Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalaninya. Prosedur ini setidaknya dilakukan setelah satu tahun pascamelahirkan.

Perut buncit
. Setelah melahirkan lemak di perut belum tentu akan hilang. Setidaknya butuh waktu sekitar 6-8 minggu hingga rahim kembali ke ukuran normal. Cepat lambatnya tubuh Anda kembali ke bentuk semula juga dipengaruhi dari berapa besar kenaikan berat badan saat hamil dan seberapa aktifnya Anda. Faktor genetis juga berperan dalam penurunan berat badan.
Solusi:
  • Susui bayi. Menyusui bisa memicu kontraksi agar rahim mengecil. Cara ini paling ampuh dilakukan dimasa awal setelah melahirkan.
  • Olahraga. Lakukan gerakan senam nifas yang ringan namun bermanfaat.
  • Atur pola makan. Ibu menyusui membutuhkan asupan 3000 kalori perhari. Melakukan diet ketat tidak akan membantu. Langsing secara instan justru berbahaya!(me)




 

Artikel Rekomendasi

post4

Aturan Minum Ibu Menyusui

Ada beberapa aturan dalam hal mengonsumsi minuman, yang perlu diperhatikan bila Anda ingin mengembalikan berat badan setelah melahirkan sekaligus fit saat menyusui.... read more

post4

Belly Dance Untuk Ibu Baru

Tarian seksi khas Timur tengah ini ternyata cukup cepat untuk menguatkan otot perut dan melangsingkan tubuh paska persalinan. Menari selama satu jam akan menghabiskan sekitar 300 kalori. ... read more