Membahas Buku Bersama Balita

 

Ada sebuah kegiatan spasial yang dapat Anda lakukan bersama balita, yaitu mengajaknya membahas buku yang baru selesai dibacanya, atau buku yang baru saja Anda bacakan untuknya. Rangsang ia untuk berani mengutarakan pendapatnya tentang isi buku tersebut.

Paham isi cerita.  Mulai saja dari hal sederhana. Misalnya, menyebut nama tokoh-tokoh yang ada dalam buku tersebut. Ajak ia mengingat hal-hal apa yang diperbuat oleh masing-masing tokoh cerita. Diskusi bakal kian semarak, karena balita bakal sudah memiliki perbendaharaan kata yang sangat banyak. Pengetahuannya pun meningkat setiap hari. Dengan begitu, balita mampu lebih fokus ketika membahas topik yang dibicarakan dalam rentang waktu lebih lama.

Belajar membuat cerita. Pengalaman sering diajak membahas cerita dari buku yang sudah dibacanya, membuat balita belajar bahwa suatu cerita itu ada bagian awal, tengah dan akhir. Balita dapat mengidentifikasi apakah cerita itu berakhir bahagia atau sedih. Dengan melihat sampul buku, balita juga dapat menduga cerita suatu buku.

Contoh perilaku. Dari ratusan tema cerita buku-buku di pasaran, diskusi Anda berdua pun makin beragam. Ada cerita yang bisa mengajarkan balita perilaku baik dan tidak baik. Anda bisa membahasnya lebih jauh dengan mengambil contoh perilaku sehari-hari orang-orang sekeliling.
Selain diskusi tentang isi buku, balita belajar bahwa huruf mewakili kata-kata yang dia ucapkan. Balita bahkan mulai bisa menuliskan beberapa kata.

Pilih sendiri.  Agar kegiatan membaca dan mendiskusikannya bersama balita lebih menyenangkanm terapkan beberapa hal berikut:
  • Matikan TV atau radio untuk menciptakan suasana tenang sehingga balita fokus pada kegiatan bersama Anda.
  • Biarkan balita memilih sendiri buku yang ingin dibahasnya.
  • Pancing ia agar mau mengemukakan pendapatnya tentang buku tersebut, dan jangan lontarkan pertanyaan-pertanyaan yang dia tahu jawabannya.
  • Bebaskan balita menyatakan pendapatnya. Hindari penilaian bahwa pendapatnya salah.
     

 



Artikel Rekomendasi

post4

Pahami Anak Autis, Maksimalkan Potensinya

Dengan mengenal dan memahami autisme, kita bisa menghadapi dan mengatasinya sedini mungkin. Sehingga orang tua bisa melakukan langkah tepat untuk menangani dan membantu meningkatkan kualitas hidup ana... read more