Tip Meredakan Nyeri Tumbuh Gigi Pada Bayi

 


Tumbuh gigi mungkin bukan pengalaman yang menyenangkan bagi bayi dan balita. Bagaimana tidak, untuk menumbuhkan gigi-gigi mungil tersebut, mereka harus melewati proses yang mengganggu  seperti, nyeri dan gatal pada gusi, demam, hingga kehilangan selera makan.

Umumnya pertumbuhan gigi bayi dimulai ketika mereka berusia 6 bulan, atau bisa jadi lebih cepat yaitu sekitar usia 4 bulan. Ditandai dengan bertambahnya air liur, demam, perubahan emosi seperti mudah rewel, gusi bengkak dan rasa gatal yang menyebabkan bayi jadi suka menggigit.

Meski tidak bisa sepenuhnya menghilangkan rasa sakit, Bunda bisa sedikit bernapas lega, karena rasa nyeri akibat tumbuh gigi ini bisa diredakan dengan beberapa cara berikut.

Pijat gusi
Salah satu cara sederhana yang bisa Bunda lakukan adalah memijat lembut gusi bayi. Bersihkan jari Anda terlebih dahulu, kemudian gosok secara lembut gusi bayi yang sedang bengkak. Tekanan yang dihasilkan dapat membantu  meredakan nyeri walau hanya sementara. Selain dengan jari, Bunda juga bisa menggunakan kain bersih yang telah dibasahi dengan air es, kemudian lakukan hal yang sama.

Teether dingin
Saat tumbuh gigi, si kecil akan mulai menggigit apa saja. Hal ini ia lakukan untuk meredakan rasa gatal dan nyeri pada gusi. Untuk mencegah bayi menggigit benda-benda yang berbahaya, biasanya Bunda akan memberikan teether atau mainan yang aman untuk digigit oleh bayi.

Coba dinginkan teether sebelum diberikan kepada bayi. Sensasi rasa dingin membuat bayi merasa senang, karena teether dingin lebih efektif mengurangi rasa nyari. 

Saat akan membeli teether,  hindari membeli teether yang berisi air karena tidak bisa disterilkan dan berisiko bocor atau pecah saat digigit. Dikhawatirkan bayi tertelan air dari dalam teether.  Pilih teether berbahan silicon padat, dan pastikan Bunda telah mensterilkannya terlebih dahulu sebelum diberikan pada si kecil.

Camilan bayi
Untuk bayi yang sudah mulai makan, Bunda bisa memberikan biskuit bayi atau buah dan sayuran seperti, pisang, wortel, apel, pepaya. Selain ampuh menghilangkn rasa nyeri, cara ini juga sekaligus melatih anak untuk belajar mengunyah.

Mandi air hangat
Mandi air hangat dapat memberikan efek rileks bagi siapapun termasuk pada bayi. Walau hanya sementara, mandi dapat mengalihkan perhatian bayi dari sakit gusi. Buatkan gelembung  untuk menemani si kecil bermain di dalam air. Tetapi jangan terlalu lama ya, Bun, agar si kecil tidak masuk angin.

Kunjungi dokter
Tumbuh gigi bisa menyebabkan demam pada anak. Jika Bunda merasa kenaikan suhu badan si kecil sudah melewati batas normal, Anda bisa segera mengonsultasikannya ke dokter anak.


Baca juga:
Fakta gigi bayi yang perlu bunda ketahui

Gigi bayi tumbuh, menggigit puting saat menyusu
Ini dia nutrisi dan stimulasi penting untuk gigi bayi


Debbyani Nurinda

 



Artikel Rekomendasi