Selain Daun Katuk, 5 Sayuran Ini Bisa Bikin ASI Deras

 

Fotosearch

Ada banyak jenis sayuran lain yang bisa membuat ASI Anda melimpah!

1. Bayam
Baik bayam hijau atau merah kaya akan zat besi, kalsium dan asam folat yang sangat berguna untuk mengembalikan kondisi bunda yang terserang anemia, juga tubuh membangun sistem kekebalan tubuh bayi agar kuat. Bayam juga mengandung bahan kimia alami yang bisa membantu mencegah ibu terserang kanker payudara.
Konsumsi dengan cara: Sayur bening. Buat dalam porsi sekali makan karena sayur bayam tidak boleh dipanasi.
 
2. Asparagus
Asparagus adalah salah satu sayuran yang harus dimakan oleh ibu menyusui. Sayuran hijau ini merupakan makanan tinggi serat dan tinggi vitamin, seperti vitamin A dan K. Kandungannya membantu merangsang hormon penting pada ibu menyusui yang memperlancar keluarnya ASI.
Konsumsi dengan cara: Dibuat sup cream asparagus atau tumisan dengan daging.
 
3. Pepaya
Mulai dari papaya setengah matang, pepaya matang hingga daun dan bunga papaya kaya akan vitamin, seperti vitamin A dan C. Buah pepaya baik untuk memenuhi kebutuhan kalium di masa menyusui, yang terkuras akibt mengurus si kecil. Kekurangan kalium bisa menyebabkan perubahaan mood Anda menjadi depresi. Bila depresi, maka ASI Anda akan sulit keluar. Sementara menyusui memerlukan pikiran yang posotif dan bahagia.
Konsumsi dengan cara: Dimakan langsung untuk buah matang. Untuk setengah matang bisa dibuat salah ala Thailand.
 
4. Edamame
Sayuran satu ini merupakan sumber protein nabati yang juga mengandung vitamin K, mangan, asan folat, vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian bunda menyusui. Sebab jika kekurangan protein dapat membuat produksi air susu berkurang.
Konsumsi dengan cara: Dimakan langsung atau dibuat salad.
 
5. Daun Dill/Daun Adas
Mungkin sayuran ini belum setenar sayuran lainnya. Namun khasiatnya melancarkan ASI tidak perlu lagi diragukan. Semua bagian dari tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk obat, mulai dari bunga, buah, daun dan batangnya. Selain untuk meningkatkan produksi ASI, biji dan minyak daun ini banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti perut kembung, mual, diare, dan asma.
Konsumsi dengan cara: Direbus dan disantap dengan bumbu pecel, bisa juga dijadikan cemilan jika Anda menyukai rasanya. Air rebusannya juga bisa Anda minum.

(KAT)




 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Hamil: Waspada Berat Badan!

Jika BB Anda kurang dari 40 kg saat dinyatakan hamil, Anda kemungkinan menderita kekurangan energi kronis (KEK) atau kekurangan gizi yang lama. Bayi yang dikandung berisiko berberat lahir rendah (BBLR... read more