Tamu Tak Diundang

 


TRIMESTER KEDUA

Munculnya vlek di usia kehamilan ini bisa menjadi tanda persalinan dini. Perhatikan, apakah Anda juga mengalami tanda persalinan lain seperti kram perut, nyeri punggung, perubahan cairan vagina, air ketuban merembes keluar, serta adanya tekanan pada panggul. Penyebabnya:

Plasenta previa merupakan penyebab paling umum terjadinya vlek atau perdarahan pada trimester kedua dan ke tiga. Pada kondisi ini plasenta terletak pada rahim bagian bawah hingga nyaris atau sudah menutup jalan lahir. Kondisi ini diketahui lewata pemeriksaan USG. 

Sebagai persiapan menuju persalinan, pembuluh darah pada plasenta akan meregang sehingga ada darah yang keluar dan tampak berupa vlek. Vlek biasanya berwarna kecoklatan karena darah yang berasal dari plasenta sudah sekian lama berada di dalam rahim, sebelum akhirnya keluar lewat rahim.

Kelainan pada vagina atau serviks seperti tumbuhnya polip atau kanker pada leher rahim. Polip adalah tumor jinak dari selaput lendir leher rahim yang bisa mengakibatkan munculnya perdarahan pada saat terjadi penetrasi atau pemeriksaan dalam. Penanganan terhadap dua jenis gangguan ini akan ditentukan oleh dokter berdasarkan pemeriksaan lebih lanjut.


Arti di balik warna

Merah muda: Adanya darah segar yang bercampur dengan cairan vagina (mukus). Vlek berupa darah berwarna merah muda biasanya muncul menjelang persalinan, ketika rahim mengalami dilatasi (pelebaran) sebagai persiapan lahirnya bayi. 

Merah segar: Adanya luka yang masih baru. Kemungkinan besar berasal dari pembuluh darah yang pecah akibat gesekan pada leher rahim.

Kecoklatan: Darah berasal dari luka yang sudah cukup lama. Penyebab perdarahan bisa saja akibat perlekatan embrio pada dinding rahim ataupun peregangan pada plasenta. Darah yang keluar akan berwarna coklat karena baru muncul setelah jangka waktu tertentu.

 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Tubuh Anda Saat Hamil

Mual dan muntah, payudara membesar, rahim melebar, konstipasi dan beberapa hal tak biasa akan terjadi pada tubuh saat Anda hamil. Mengapa? Ini jawabannya! ... read more