Tamu Tak Diundang

 

TRIMESTER KETIGA

Vlek atau noda darah yang muncul di usia kehamilan ini bisa saja merupakan tanda mulainya persalinan. Namun ada juga yang merupakan tanda bahaya. Inilah kondisi yang mungkin terjadi.

Pembuluh darah pecah karena leher rahim atau serviks teriritasi. Ini bisa terjadi akibat penetrasi atau pemeriksaan dalam. Pada saat hamil terjadi peningkatan sirkulasi darah pada daerah rahim dan sekitarnya yang mengakibatkan pembuluh darah mudah pecah apabila terjadi gesekan. Hormon kehamilan juga membuat daerah rahim dan leher rahim melunak sehingga lebih rentan gesekan.

Plasenta lepas (solucio placenta) secara prematur dari dinding rahim bisa menimbulkan vlek. Lepas plasenta - robek sebagian atau lepas seluruhnya - menyebabkan munculnya darah pada bekas sambungan antara plasenta dan rahim. Darah inilah yang kemudian muncul sebagai vlek berwarna merah gelap. Gejala yang dialami akibat kondisi plasenta lepas adalah rasa nyeri dan perdarahan yang cukup banyak.

Kondisi ini bisa terjadi pada 1 dari 200 kehamilan meski penyebabnya belum dapat diketahui secara pasti. Jika plasenta hanya robek sedikit dokter akan menyuruh Anda untuk bed rest dalam jangka waktu mulai 2 minggu hingga akhir masa kehamilan. 

Jika plasenta lepas seluruhnya maka satu-satunya cara untuk mengatasi kondisi ini adalah melkaukan operasi caesar untuk mengangkat janin lebih awal dari waktunya.

Tanda-tanda persalinan, artinya bayi siap lahir. Normal bila terjadi di usia kehamilan 35 minggu, keluar vlek berwarna merah muda yang biasanya bercampur dengan cairan vagina (mukus). Terjadi karena rahim mulai berdilatasi atau melebar menyambut saatnya persalinan.

Keluarnya vlek pada usia kehamilan ini bukan pertanda Anda akan melahirkan saat itu juga. Keluarnya vlek diikuti persalinan bisa saja terjadi setelah satu  minggu atau lebih. Tak ada salahnya bertanya pada dokter soal vlek ini untuk memastikan kondisi Anda dan janin baik-baik saja. 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Tubuh Anda Saat Hamil

Mual dan muntah, payudara membesar, rahim melebar, konstipasi dan beberapa hal tak biasa akan terjadi pada tubuh saat Anda hamil. Mengapa? Ini jawabannya! ... read more