7 Fakta Royal Baby Sussex, Anak Prince Harry dan Meghan Markle

 



4. Pengumuman bertahap
Masih dilansir dari Telegraph, juru bicara Istana Buckingham diharapkan akan segera mengeluarkan pengumuman pendek mengenai kelahiran bayi Meghan dan Harry sebanyak dua kali. Pertama mengumumkan bahwa Duchess of Sussex sedang menjalani proses persalinan dan yang kedua mengenai sang bayi kerajaan Inggris itu sendiri—lengkap dengan jenis kelamin, panjang/berat, serta waktu kelahiran bayi. Ada kemungkinan mereka juga akan membagikan kabar bahagianya melalui akun Instagram resmi @sussexroyal (bukan lagi bergabung di @kensingtonroyal yang saat ini digunakan oleh Duke dan Duchess of Cambridge).

Pasangan Duke dan Duchess of Sussex pun sepakat tidak akan segera tampil bertiga dengan bayi mereka di depan publik, tetapi cukup “merayakan secara pribadi sebagai keluarga baru” dulu. Beberapa hari setelah kelahiran barulah tim dokumentasi akan mengabadikan bayi mereka untuk dibagikan kepada publik. Jadi, tidak akan mengikuti jejak William dan Kate juga.

5. Gelar untuk sang bayi
Bayi Sussex sudah dipastikan tidak akan mendapatkan gelar Yang Mulia (His/Her Royal Highness atau disingkat HRH) maupun Pangeran/Puteri, tetapi dikenal sebagai Lord atau Lady (nama bayi) Mountbatten-Windsor. Hal ini sesuai dengan surat keputusan yang disahkan oleh Raja George ke-5 berbunyi kurang lebih, “cucu-cucu dari lelaki keturunan Sovereign yang merupakan garis keturunan langsung (kecuali anak tertua dari putra sulung Pangeran Wales yang masih hidup) akan memiliki dan menikmati gaya hidup sesuai gelar para Duke dan dunianya” seperti dilansir Independent.co.uk.

Mengapa Mountbatten-Windsor? Pada pertemuan Dewan Penasihat tanggal 17 Jui 1917, George V menyatakan bahwa “semua keturunan dalam garis lelaki Ratu Victoria, yang merupakan subjek dari bidang ini, selain keturunan perempuan yang menikah atau yang telah menikah, akan menanggung nama Windsor”. Oleh karena itu, Ratu Elizabeth II mengonfirmasi nama keluarga kerajaan sebagai Windsor (1052), tetapi kemudian Ratu dan suaminya, Duke of Edinburgh, memutuskan bahwa keturunan mereka—selain yang sudah memiliki gelar Yang Mulia dan Pangeran/Putri maupun keturunan perempuan yang menikah—akan menggunakan nama keluarga Mountbatten-Windsor untuk menghormati nama keluara Pangeran Philip, Mountbatten.

6. Pewaris ke-7
Anak Harry dan Meghan akan berada di urutan ke-7 sebagai penerus takhta Inggris—yang tampaknya tidak akan pernah naik takhta. Berhubung ia memiliki tiga sepupu yang lebih dekat dengan takhta kerajaan dari keturunan Pangeran William, yaitu Prince George (diprediksi sebagai raja di masa depan), Putri Charlotte, dan Pangeran Louis. Yap, keluarga Cambridge tampaknya sudah mengamankan posisi. Kehadiran bayi Sussex menggeser paman Harry dan anak-anaknya ke urutan 8-9-10, yaitu Duke of York, Putri Beatrice, dan Putri Euginie. Di urutan ke-11 adalah Pangeran Edward, Earl of Wessex sebagai anak termuda dari Ratu Elizabeth II.

7. Prediksi wali baptis
Nama pasangan yang muncul pertama kali sebagai godparent atau wali baptis bayi Harry-Meghan adalah Duke dan Duchess of Cambridge. Namun, prediksi ini kemungkinan besar meleset. Selain karena adanya ‘perseteruan’ di antara Kate dan Meghan sendiri, serta Duke dan Duchess of Sussex tidak pernah mendapat kehormatan untuk menjadi wali baptis bagi ketiga anak William dan Kate.  

Dilansir dari Time.com, ada kemungkinan pasangan yang terpilih untuk menjadi wali baptis Baby Sussex berasal dari kalangan selebritas. Serena Williams dan Alexis Ohanian, George dan Amal Clooney, Jessica dan Ben Mulrony, serta Priyanka Chopra dan Nick Jonas digadang-gadang dapat mengisi ‘lowongan’ tersebut.  
 
Kita doakan semoga royal baby segera lahir dalam keadaan sehat, ya.


ALICE LARASATI



Baca juga:
Hamil Anak Ketiga, Kate Middleton Kembali Alami Morning Sickness Parah
5 Gaya Menggemaskan Princess Charlotte
Tim Sukses Hamil Bunda

 



Artikel Rekomendasi