Permainan Pesta Ulang Tahun ke 2

Agar pesta ulang tahun anak 2 tahun semakin meriah, yuk kita sambut teman-teman anak dengan serangkaian permainan berikut ini.

1. Binatang Ulang Tahun (siapkan flip chart gambar binatang dan iringi musik lagu anak-anak sebagai backsound).  Bagi anak-anak tamu pesta ke dalam beberapa kelompok. Namakan tiap kelompok dengan nama hewan:  "Anjing", "Kucing", "Bebek", "Sapi" dan "Harimau" dan nama lain sesuai gambar di flipchart.

Anda berdiri di tengah-tengah memegang flip chart. Sebelum permainan dimulai, minta anak-anak berlatih mengeluarkan suara binatang sesuai dengan kelompoknya. Permainan dimulai dengan Anda mengangkat flip chart bergambar hewan tertentu, dan kelompok hewan tersebut harus bersuara sesuai suara hewan dimaksud. Misalnya  anjing dengan suara “guk, guk, guk!” atau harimau bersuara “haaauuuummm...”.
Kelompok yang suaranya paling keras keluar sebagai pemenang.

2. Mencari Harta Karun (siapkan 7 sampai 10  hadiah kecil dibungkus kertas warna emas dan iringi musik lagu anak-anak sebagai backsound).  Sembunyikan hadiah-hadiah kecil sebagai “harta karun” di ruangan pesta. Ajak anak-anak mencari “harta karun” tersebut dan bila mereka menemukannya, harta karun tadi boleh menjadi miliknya.
Buat suasana meriah dengan mengatakan “panas, panas, panas!” bila anak mendekati lokasi persembunyian, dan “dingin, dingin, dingin!” bila ia menjauh dari lokasi persembunyian harta karun.  

3. Lampu Lalu Lintas  (kertas warna merah, hijau dan kuning berbentuk lingkaran besar). Anak-anak berlarian mengelilingi ruangan pesta, mereka berpura-pura menjadi mobil, sepeda motor atau bis. Ketika Anda berteriak, “LAMPU MERAH!” sambil mengangkat kertas merah, anak-anak harus berhenti dan diam tak bergerak. Beberapa detik kemudian Anda berteriak, “LAMPU HIJAU!” dan mereka boleh bergerak berlarian lagi.  Ketika Anda bilang, “LAMPU KUNING!”,  anak-anak harus memperlambat larinya menjadi berjalan. Lakukan beberapa kali. Tidak ada yang menang dan kalah, namun anak-anak pasti senang. Untuk mengakhiri permainan, katakan pada anak-anak untuk “parkir” dan duduk tenang.

4. Joged Beraturan (iringi musik lagu anak-anak berirama riang untuk mengiringi tari). 
Nyalakan musik dan biarkan anak-anak menari dengan gaya bebas. Lalu, matikan musik dan katakan, “Sekarang kita berjoged dengan gaya melambai-lambaikan tangan di udara.” Nyalakan musiknya, dan mulailah bergerak sesuai  gerakan dan gaya yang diminta.  Kemudian matikan lagi musiknya, dan sebut gaya berjoged lainnya, misalnya, “Kaki dibuka!”, “Tangan ditekuk dan dikepak-kepakkan!”, “Bahu diputar!”, “Sambil tepuk tangan!” dan seterusnya. Jangan lupa, hanya satu gaya untuk setiap joged.  




Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Seni Memberi Nama Anak   37664   
>  Buang Stres Saat Hamil!   24018   
>   Penularan AIDS Pada Bayi   20404   
>  2 Jenis Senyum Bayi   17265   
>  Balita Hobi Tampil   10960