Belanja Bersama Bayi dan Balita

 

Memang repot belanja mengajak bayi dan balita. Namun jika Anda tahu triknya, acara belanja justru bisa lebih bermanfaat.
  • Selalu ingat kebutuhan anak. Belanja memang kadang membuat lupa diri. Namun, bila membawa si kecil Anda harus terus mengingatkan diri kapan ia harus makan, tidur atau menyusu. Memilih toko yang dekat dengan pusat makanan bisa jadi pilihan. Bawa nursing cover untuk berjaga-jaga bila tujuan Anda tak menyediakan ruang menyusui.
  • Cobalah untuk berbelanja di pagi hari. Saat toko baru buka, pukul 10-11 siang  biasanya belum terlalu ramai. Di jam ini juga biasanya anak Anda sudah sarapan atau menyusu. Akibatnya, ia pun tidak rewel dan lebih tenang.
  • Libatkan anak. Bila berbelanja kebutuhan balita, baju misalnya, Anda bisa ikut memintanya memutuskan mana yang akan dibeli. Si kecil pasti senang, Anda sudah menganggapnya dewasa untuk menentukan pilihan. Hal ini juga dapat menghindarkan ia dari rasa bosan.
  • Katakan tidak. Terbayang bagaimana ia akan menangis dan merongrong Anda untuk membeli mainan yang ia mau, padahal sebetulnya tidak perlu. Apalagi bila berbelanja di toko perlengkapan anak yang sekaligus menjual mainan. Tegaslah. Jangan sedikit pun memberikan kelonggaran pada anak. Kali lain Anda dan ia berbelanja, ia akan tahu Anda takkan menuruti semua kehendaknya.
  • Cukup belanjanya. Bila di tengah acara belanja anak menangis, tantrum dan sulit untuk ditenangkan, waktunya Anda berhenti. Belanja bisa menunggu. Keluarlah dari toko dan penuhi kebutuhannya terlebih dahulu.

 



Artikel Rekomendasi