Jalan Kaki Bagi Ibu Hamil

 

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.

Ada beberapa manfaat dari olahraga jalan kaki bagi ibu hamil. Jalan kaki akan memperkuat kesehatan paru-paru dan jantung, memacu jantung sehingga aliran darah ke seluruh tubuh lebih baik, khususnya aliran darah dari pembuluh darah balik (vena) di kaki. Selain itu, jalan kaki juga dapat meningkatkan stamina, memperkuat otot-otot, terutama otot tungkai, dan menghilangkan stres.

Berikut tip-tip berjalan kaki yang benar bagi ibu hamil:
  • Saat jalan kaki, usahakan bahu Anda santai dan pandangan ke depan.
  • Pastikan tumit Anda dulu yang menjejak tanah, lalu gerakkan seluruh bagian kaki.
  • Pilih lokasi yang aman, misalnya sekeliling rumah atau lapangan rumput yang rata.
  • Hindari jalan yang tidak rata. Perubahan gravitasi bumi akan memengaruhi keseimbangan tubuh Anda.
  • Pastikan Anda masih bisa mengobrol dengan baik. Jika Anda tidak bisa berbicara lancar, lambatkan langkah, lakukan peregangan, baru istirahat.

Dr. Michael Triangto, SpKO menjelaskan bahwa jalan kaki adalah olahraga yang tidak ada kontradiksinya terhadap kehamilan. Agar olahraga ini bermanfaat optimal, perhatikan intensitasnya, yakni 50% - 70% dari denyut jantung. Cara menghitungnya: 220 (denyut jantung maksimal) dikurangi usia, dikalikan 100%.

 

Artikel Rekomendasi