6 Hal Positif yang Anda Dapatkan Saat Masa Kehamilan

 

Dok.FG


Selama masa kehamilan, Anda tidak hanya mengalami kaki yang membengkak dan hobi makan meningkat saja. Dibalik itu, para calon Bunda akan mendapatkan tubuh yang luar biasa hebat. Apa saja itu, simak ulasan berikut ini!
 
Menjadi lebih sehat
 
Saat hamil, janin membuat semua calon ibu mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Kalau selama ini Anda cuek memasukkan makanan jenis apa pun ke dalam tubuh, sekarang junk food dan makanan yang mengandung MSG otomatis akan keluar dari menu harian, berganti sayur, buah, daging, dan susu. Kehamilan juga memotivasi Anda untuk sesegera mungkin berhenti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol. Anda pun mendadak berubah menjadi pecinta olahraga. Tubuh yang sehat dan fit kini siap Anda miliki.

Selalu ingat: Tidak ada kata terlambat untuk melakukan hal positif, seperti memilih menjalani hidup sehat. Atur konsumsi makanan dengan menggunakan jurnal makanan. Jangan tunda langkah ini sampai si kecil lahir, sebab hal ini penting bagi tubuh Anda dan calon bayi. Anda malas berolahraga? Jalan ringan dan berenang sudah dihitung sebagai olahraga, kok, Bunda.



Rambut dan kuku berkilau
 
Ketika hamil, rambut Anda akan menjadi lebih tebal dan indah, serta kuku menjadi lebih kuat. Menurut Carolyn Dean M.D., penulis buku The Complete Natural Medicine Guide to Women’s Health selama hamil, hormon estrogen berada pada level tertinggi sehingga membuat fase pertumbuhan rambut lebih panjang. Anda juga akan berterimakasih pada kehamilan sebab umumnya paket vitamin yang Anda dapatkan dari dokter kandungan mengandung kalsium sehingga dapat memperkuat kuku Anda.

Selalu ingat: Tampil menawan pasti akan meningkatkan rasa percaya diri dan hal ini merupakan bagian yang terbaik. Karena itu, pergilah ke salon, lakukan perawatan seperti menicure atau pedicure, enjoy dan rileks ya!


Bersinar selalu
 
Berterimakasihlah pada hormon progesteron yang meningkat di masa kehamilan karena hormon ini membuat otot tubuh menjadi lebih rileks dan membantu Anda tidur dengan lebih nyenyak. Jika Anda merasa bahwa suasana hati di masa kehamilan lebih gembira, hal ini disebabkan oleh produksi hormon estrogen yang juga meningkat.

Selalu ingat: Saat ini Anda sedang memulai sebuah perjalanan emosi yang menyenangkan. Abadikan semua kenangan dengan mulai membuat blog atau jurnal kehamilan. Rekam semua kenangan yang sudah Anda lakukan untuk menciptakan bonding dengan si janin. Hal ini akan menciptakan sebuah kenangan manis untuk anak Anda kelak.


Menjadi lebih pandai
 
Meskipun yang terjadi bisa saja berlawanan, namun profesor ilmu saraf dari Universitas Richmond, Amerika, Craig Kinsley Ph.D., mengatakan bahwa kehamilan dan menyusui sebetulnya meningkatkan ukuran sel-sel saraf di dalam otak dan meningkatkan cara berpikir. Ketika bayi lahir, menjadi seorang ibu adalah sebuah tantangan mental yang dapat menstimulasi aktivitas otak.

Selalu ingat: Jika kadang Anda merasa pusing dan pandangan kabur, bukan berarti Anda kehilangan kekuatan otak dalam berpikir. Sebetulnya ini efek dari rasa gelisah Anda sebagai calon ibu. Untuk mempertahankan kemampuan berpikir Anda yang hebat, latihlah dengan sering membaca atau bermain puzzle.



Payudara membesar dan ini tandanya bagus!
 
Kehamilan tidak hanya membuat payudara membesar tetapi juga memberikan hadiah berupa berkurangnya risiko terkena kanker payudara. Kehamilan sebelum usia 30 tahun dan menyusui dianggap sebagai salah satu alasan yang dapat membantu menurunkan risiko kanker. Dari bentuk dan ukuran, saat hamil, payudara memiliki bentuk terindah dalam hidup Anda!

Selalu ingat: Memberikan ASI usai melahirkan berarti memberikan yang terbaik untuk si kecil. Apalagi dengan bonus yang akan Anda dapatkan dari menyusui, yaitu terhindar dari kanker payudara. Menyusui selama setahun atau lebih dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 43 %, namun jika dalam keluarga Anda terdapat riwayat kanker payudara maka menyusui mampu mengurangi hingga 32%.


Seks terbaik
 
Psstt…tahukah Anda bahwa selama trimester 2, kebanyakan calon ibu memiliki tingkat libido yang tinggi? Kehamilan Anda memang membuat Anda semakin bersinar dan seksi. Selama hamil, pelumas pada vagina secara alami meningkat dan aliran darah di sekitar vagina semakin lancar sehingga membuat daerah ini semakin sensitif. Siap-siap saja jika pasangan menjadi lebih romantis dan ciuman-ciuman kecil pun akan berubah menjadi ciuman penuh gairah.

Selalu ingat: Manfaatkan momen ini untuk menambah keintiman dengan pasangan. Selain kenyaman secara seksual, Anda juga bisa menciptakan hubungan yang lebih akrab lagi dengan pasangan.


(FG/WIT)


Baca Juga:
13 Cara (Lebih) Senang Lagi Habis Melahirkan
Tetap Relaks dan Produktif Meski Harus Bed Rest Saat Hamil
Baby Shower Bikin Masa Kehamilan Menyenangkan

 

 

Artikel Rekomendasi