Hamil? Happy Saja!

 


Bayi lahir cacat. Umumnya disebabkan oleh infeksi toksoplasma, rubella, timbal, dan merkuri. 

Atasi kekhawatiran:
  1. Hindari polusi, kenakan masker saat Anda berada di jalanan terbuka. Zat berbahaya dalam udara yang terpolusi antara lain karbon monoksida, sulfur oksida, dan nitrogen oksida. 
  2. Pilih jenis ikan dari perairan yang tidak terpolusi, karena merkuri yang terdapat di air dapat terserap langsung pada rantai makanan, mulai dari tanaman, ikan kecil hingga ikan besar. Anda tak perlu berhenti total mengonsumsi ikan. 
  3. Konsumsi makanan mengandung asam folat, karena asam folat sangat diperlukan dalam pembentukan tabung saraf janin. 
  4. Konsumsi makanan mengandung antioksidan seperti buah dan sayur, kedelai. Ini baik untuk meminimalkan kandungan timbal yang diserap tubuh sehingga kondisi plasenta dan peredaran darah baik. 

Bayi lahir prematur. Belum ada penyebab pasti, mengapa bayi lahir prematur. Namun faktor risiko akan meningkat bila Anda merokok, mengidap diabetes, obesitas, hipertensi, dan infeksi pada saluran kemih.

Atasi kekhawatiran:
  1. Terapkan gaya hidup sehat dengan cukup minum air putih, tidak menahan buang air kecil, dan menjaga kebersihan area genitalia. Ganti celana dalam bila terasa lembap dan tampak gejala keputihan. Hindari makanan yang memungkinkan terjadinya infeksi atau mudah dihinggapi jamur seperti keju lunak dan hot dog yang tidak dipanasi dengan baik. Kedua bahan pangan itu bisa memicu infeksi listeria.
  2. Jaga berat badan untuk memperkecil risiko komplikasi diabetes gestasional dan preeklampsia.

Bayi meninggal saat melahirkan. Penyebab terbesarnya adalah hipertensi di atas 140/90 mmHg. Hipertensi di usia muda biasanya disebabkan gaya hidup tidak sehat, dan pola makan tidak seimbang. Penyebab lainnya adalah anemia dan pelayanan kesehatan yang buruk

Atasi kekhawatiran:
Hindari hipertensi dengan menerapkan pola hidup sehat: Istirahat cukup, olah raga teratur, dan  makan dengan gizi seimbang.


Kehamilan Tak Wajar

Hamil di Luar Kandungan.
Terjadi karena zigot tidak membenamkan diri di rahim melainkan di dinding saluran telur. Karena berada di tempat sempit, zigot tidak berkembang menjadi janin yang baik. Ini terjadi karena adanya hambatan ketika zigot berjalan menuju rahim. Hambatan itu bisa ada di saluran telur karena ada bekas luka operasi yang lengket atau ibu pernah terinfeksi.

Atasi kekhawatiran:
Konsultasi pada dokter segera setelah Anda tahu Anda hamil untuk mendeteksi apakah kehamilan berada di tempat yang seharusnya. Apabila dokter mencurigai Anda hamil di luar kandungan, dokter akan memastikan dengan memeriksa adanya rasa sakit di panggul dan benda padat di perut. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan laboratorium.  

 



Artikel Rekomendasi