Tanya Jawab tentang Kehamilan dan Virus Corona, Bahayakah bagi Janin?

 

Ilustrasi ibu hamil memakai masker. Foto: Freepik

Kehamilan merupakan pengalaman yang menantang bagi perempuan. Dengan kejadian wabah corona Covid-19, tantangan ibu hamil menjadi lebih besar. 

Selain karena adanya batasan-batasan untuk beraktivitas di luar rumah, sejumlah pertanyaan tentang virus corona dan kaitannya dengan kehamilan juga muncul. Misalnya, apakah Covid-19 bisa membahayakan janin, apakah ibu hamil rentan tertular virus corona, dan sebagainya.  

Menurut CDC (Center for Disease Control and Prevention), sebuah lembaga penanggulangan dan pencegahan penyakit di Amerika, Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona adalah jenis penyakit baru. Ilmuwan terus mempelajarinya karena ada banyak hal yang masih belum diketahui tentang virus corona. 

Penting bagi ibu hamil untuk tetap tenang dan tidak cemas dengan adanya wabah corona. Membekali diri dengan informasi yang akurat tentang virus corona dan kaitannya dengan kehamilan, akan membantu ibu hamil lebih waspada.

Ayahbunda merangkum beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kehamilan dan Covid-19 yang diterbitkan oleh CDC per 17 Maret 2020, berikut ini. 

- Apa risiko bagi wanita hamil jika mengalami Covid-19? Apakah lebih mudah bagi wanita hamil untuk menjadi sakit karena penyakit iniJika ibu hamil terinfeksi, apakah mereka akan lebih sakit daripada orang lain?

Kami saat ini belum tahu apakah wanita hamil memiliki kemungkinan lebih besar untuk sakit akibat Covid-19 daripada masyarakat umum atau apakah mereka lebih cenderung memiliki penyakit serius.

Wanita hamil mengalami perubahan dalam tubuh mereka yang dapat meningkatkan risiko beberapa infeksi. Dengan virus dari keluarga yang sama dengan Covid-19, dan infeksi pernapasan virus lainnya, seperti influenza, perempuan memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit parah. Itu sebabnya selalu penting bagi wanita hamil untuk melindungi diri dari penyakit.

- Bagaimana ibu hamil dapat melindungi diri dari terpapar Covid-19?

Wanita hamil harus melakukan hal yang sama dengan masyarakat umum untuk menghindari infeksi. Anda dapat membantu menghentikan penyebaran Covid-19 dengan mengambil tindakan berikut:

- Tutupi batuk dan bersin Anda (menggunakan siku adalah teknik yang baik)
- Hindari orang yang sakit
- Cuci tangan Anda dengan menggunakan sabun dan air atau pembersih tangan berbasis alkohol

- Bisakah Covid-19 menyebabkan masalah untuk kehamilan?
Kami belum tahu saat ini apakah Covid-19 akan menyebabkan masalah selama kehamilan atau memengaruhi kesehatan bayi setelah lahir.

- Bisakah Covid-19 ditularkan dari wanita hamil ke janin atau bayi baru lahir?
Kami masih belum tahu apakah wanita hamil dengan Covid-19 dapat menularkan virus yang menyebabkan Covid-19 ke janin atau bayinya selama kehamilan atau persalinan. 

Tidak ada bayi yang lahir dari ibu dengan Covid-19 yang dinyatakan positif virus Covid-19. Dalam kasus ini, yang jumlahnya sedikit, virus tidak ditemukan dalam sampel cairan ketuban atau ASI.

- Jika seorang wanita hamil tertular Covid-19 selama kehamilan, apakah itu akan menyakiti bayi?
Kami belum tahu saat ini bagaimana jika ada risiko yang ditimbulkan pada bayi dari wanita hamil yang memiliki Covid-19.  Ada sejumlah kecil masalah yang dilaporkan dengan kehamilan atau persalinan (misalnya kelahiran prematur) pada bayi yang lahir dari ibu yang dites positif Covid-19 selama kehamilan mereka. Namun, tidak jelas bahwa hasil ini terkait dengan infeksi ibu.

Alika Rukhan

 



Artikel Rekomendasi

post4

Bumil Juga Perlu Vaksinasi

Vaksinasi adalah salah satu cara untuk mencegah penularan penyakit, dan membantu mencegah timbulnya penyakit seperti flu, hepatitis, dan cacar air. ... read more