12 Tip Membuat Balita Lebih Bahagia

 

Pixabay


10. WAKTU YANG BERKUALITAS
Saat Anda mengobrol dengan si kecil, Anda jadi bisa tahu apa saja yang terjadi hari itu kepadanya, selama Anda di kantor seharian ini. Dongeng yang menarik yang diceritakan oleh guru di sekolah, bermain permainan baru dan seru dengan teman, dan menu makan siang di sekolah yang enak, misalnya. Di tengah kesibukan pagi, Anda tetap bisa mengajak ia bicara di meja makan, atau saat mengantar ia ke sekolah. Dan, hari si kecil akan semakin lengkap dan bermakna, jika malam hari ditutup dengan makan bersama, lalu mengantar ia tidur. Itu semua akan membuat si kecil merasa diperhatikan dan menumbuhkan perasaan bahagia.

11. DENGARKAN SUARANYA
Berikan si kecil tempat untuk didengarkan suaranya. Misalnya, dengan membiarkan ia menentukan menu makan siang hari ini, ide aktivitas di akhir pekan nanti akan menghabiskan waktu di mana, pakaian yang akan ia kenakan, dan sebagainya. Yang tak kalah penting pula adalah mendengarkan dan selalu menjawab segala pertanyaan ajaibnya, seperti mengapa adik harus minum susu, kenapa Mama harus pergi kerja, dan sebagainya. Hal ini bisa membuat si kecil jadi merasa dihargai serta bahagia.

12. BIASAKAN BAHAGIA
Jadikan bahagia sebagai gaya hidup. Sebab, bila sudah menjadi kebiasaan, hal ini tentu menjadi hal yang otomatis terjadi sehari-hari. Tantang diri Anda dan si kecil untuk menerapkannya setiap hari. Christine Carter menyebutkan salah satu yang membiasakan agar terbiasa hidup bahagia, yakni membuang jauh-jauh gangguan atau mencegah hal yang bisa membuat tidak bahagia.

(NAT/IS)

Baca Juga:

Pelukan Baik Untuk Perkembangan Anak
Aktivitas Pereda Emosi Balita
Biarkan Anak Tumbuh Jadi Diri Sendiri

 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Kurikulum Keluarga Najeela Shihab

Butuh effort dan kesabaran yang luar biasa untuk menerapkan nilai-nilai baik dalam diri anak. Tak hanya menyediakan pendidikan untuknya, Anda juga harus terlibat dalam proses pengasuhan dengan menerap... read more